KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V BERDASARKAN LOKASI SEKOLAH DI KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN KULON PROGO

Hadi, Ria Fitriyani (2015) KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V BERDASARKAN LOKASI SEKOLAH DI KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ria Fitriyani Hadi.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V berdasarkan lokasi sekolah di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV dan V SD di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu 1107 siswa kelas IV dan V SD yang berasal dari 24 SD yang tersebar di UPT Yogyakarta Barat, UPT Yogyakarta Timur, UPTD Pengasih, dan UPTD Kalibawang. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu lokasi sekolah yang berada pada Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo. Variabel tergayutnya adalah kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan siswa SD kelas IV dan V di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan. Teknik analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V di Kota Yogyakarta lebih tinggi dibandingkan dengan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V di Kabupaten Kulon Progo. Meskipun demikian secara keseluruhan skor kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V di kedua lokasi masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan skor maksimum dan masih terdapat siswa yang memperoleh skor 0.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, keterampilan proses sains, lokasi sekolah.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 09 Feb 2016 23:23
Last Modified: 30 Jan 2019 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29579

Actions (login required)

View Item View Item