PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA LINGKUNGAN (DOLAN) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN TAHUNAN YOGYAKARTA

Darajati, Pintanti (2016) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA LINGKUNGAN (DOLAN) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN TAHUNAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Pintanti Darajati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Diorama Lingkungan (DOLAN) yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS materi lingkungan alam dan lingkungan buatan kelas III SD N Tahunan,Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan prosedur penelitian menggunakan model Borg&Gall dengan langkah-langkah: 1) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi, 8) uji coba lapangan operasional, dan 9) revisi produk akhir. Penelitian dilakukan di SD N Tahunan, Yogyakarta. Subjek penelitian pada uji lapangan awal berjumlah 3 orang, uji coba lapangan utama berjumlah 5 orang, dan uji coba lapangan operasional berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data nilai kelayakan dianalisis secara deskripif kuantitatif. Hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor akhir 4,47 (kriteria “sangat baik”), penilaian ahli media memperoleh skor akhir 4,1 (kriteria“sangat baik”), dan penilaian media oleh praktisi memperoleh skor 4,1 (kriteria“sangat baik”). Hasil uji lapangan awal mendapatkan skor 4,7 (kategori “sangat baik”). Hasil uji lapangan utama mendapatkan skor 4,0 (kategori “baik”). Hasil uji coba lapangan operasional mendapatkan skor 4,27 (kategori “sangat baik”). Setelah melalui langkah-langkah pengembangan, media DOLAN layak digunakan dalam pembelajaran IPS kelas III sekolah dasar. Kata kunci : Media, Diorama, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Feb 2016 17:29
Last Modified: 30 Jan 2019 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29570

Actions (login required)

View Item View Item