HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LINGKUNGAN DAN FASILITAS PRAKTIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Heri, Prabowo (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LINGKUNGAN DAN FASILITAS PRAKTIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
THE_RELATIONSHIP_BETWEEN_THE_PERCEPTION_OF_ENVIRONMENTAL_AND_FACILITIES_PRACTICES_WITH_STUDENTS_LEARNING_MOTIVATION.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi peserta didik terhadap lingkungan praktik dan fasilitas praktik dengan motivasi belajar pada Mata Diklat Otomotif Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada tanggal 2 hingga 4 Januari 2012. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian Expost Facto. Populasi dari penelitian ini berjumlah 235 peserta didik, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik proporsional random sampling yang berjumlah 139 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur variabel persepsi peserta didik terhadap lingkungan praktik dan fasilitas praktik dan variabel motivasi belajar. Untuk mengetahui validitas instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstruk menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan analisis statistik deskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus dan standar deviasi dan analisis korelasional untuk menguji hipotesis pertama dan kedua dengan menggunakan korelasi Product Moment dengan membandingkan rhitung dengan rtabel untuk menguji hipotesis ketiga menggunakan rumus korelasi ganda dua prediktor dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan positif antara persepsi peserta didik terhadap lingkungan praktik dengan motivasi belajar diperoleh rhitung 0,492 > rtabel 5% 0,176; (2) Ada hubungan positif antara persepsi peserta didik terhadap fasilitas praktik dengan motivasi belajar diperoleh rhitung 0,633 > rtabel 5% 0,176; (3) Ada hubungan positif secara bersama-sama antara persepsi peserta didik terhadap lingkungan praktik dan fasilitas praktik dengan hasil belajar peserta didik kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta diperoleh rhitung 0,678 > rtabel 5% 0,176 dan diperoleh Fhitung 57,824 > Ftabel 5% 3,07.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2957

Actions (login required)

View Item View Item