UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TEGALSARI KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG

Rahayu, Rostiecha (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TEGALSARI KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rostiecha Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas I I I SD Negeri Tegalsari yang rendah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas I I I SD Negeri Tegalsari yang berjumlah 31 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian adalah prestasi belajar IPA. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi untuk memperoleh data keterlaksanaan model pembelajaran CTL dan soal tes untuk mengukur prestasi belajar IPA siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL melalui tahap invitasi, eksplorasi, penjelasan dan solusi serta pengambilan tindakan dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata prestasi belajar IPA dari pra siklus 65,96 setelah dilakukan pembelajaran menggunakan CTL pada siklus I meningkat 8,55 menjadi 74,51. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II yaitu guru menuliskan catatan saat memberi penguatan, menegur siswa yang ramai, memotivasi siswa agar bertanya dan membantu membacakan soal tes, prestasi belajar IPA siswa meningkat 14,52 menjadi 80,48. Sedangkan persentase ketuntasan belajar IPA pra siklus mencapai 41,93%, siklus I mencapai 74,20% dan siklus II mencapai 93,55%. Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu ≥75% siswa sudah mencapai nilai KKM 70. Kata kunci: prestasi belajar IPA, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Feb 2016 17:19
Last Modified: 30 Jan 2019 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29568

Actions (login required)

View Item View Item