Pengembangan Model ODACR pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Sikap Ilmiah Peserta didik Kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta

Nurainy, Nurainy (2016) Pengembangan Model ODACR pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Sikap Ilmiah Peserta didik Kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurainy-13708251129.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen pendukung model Orientate-Determine-Decide-Act-Communicate-Reinforce (ODACR) yang layak berupa buku pedoman model ODACR, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan peserta didik (LKPD), soal kemampuan berpikir analisis dan sikap ilmiah terhadap pembelajaran fisika; (2) mengetahui tingkat kepraktisan model ODACR yang dikembangkan; (3) mengetahui keefektifan model ODACR terhadap kemampuan analisis dan sikap ilmiah peserta didik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan dari penelitian ini mengadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan bentuk awal produk; (4) uji coba lapangan awal (terbatas); (5) revisi hasil ujicoba lapangan awal; (6) uji coba lapangan; dan (7) revisi akhir produk. Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 4 Yogyakarta ada tiga kelas yang terdiri dari 91 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran ODACR yang dilengkapi komponen perangkat pembelajaran berupa buku panduan model ODACR, RPP, LKPD, tes kemampuan analitis dan lembar observasi sikap ilmiah yang dikembangkan masing-masing memenuhi kriteria valid dan layak untuk digunakan berdasarkan penilaian ahli; (2) model pembelajaran yang dikembangkan dikatakan praktis menurut penilaian pendidik dan peserta didik; (3) model pembelajaran ODACR efektif dapat meningkatkan kemampuan analitis dan sikap ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model ODACR, kemampuan berpikir analitis, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 09 Feb 2016 23:19
Last Modified: 22 Feb 2016 09:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29565

Actions (login required)

View Item View Item