TINGKAT KESIAPAN GURU PENJASORKES SD PADA SEKOLAH SASARAN SE KOTA YOGYAKARTA DALAMMENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013

Suparjinah (2015) TINGKAT KESIAPAN GURU PENJASORKES SD PADA SEKOLAH SASARAN SE KOTA YOGYAKARTA DALAMMENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SUPARJINAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Komponen utama untuk menentukan keberhasilan pendidikan adalah guru.Kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada sekolah sasaran perlu di persiapkan.Guru merupakan elemen kunci karena yang langsung berhadapan dengan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kesiapan Guru Penjasorkes SD pada Sekolah Sasaran se Kota Yogyakarta Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 sebanyak 16 Sekolah. Penelitianiniadalahmerupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang akan digunakan adalah survei dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Penjasorkes sekolah dasar pada sekolah sasaran di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta berjumlah 45 guru dan semua digunakan untuk penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan angket kepada guru untuk dijawabnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Pengkategorian tingkat kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 disusun dengan 4 kategori, yaitu: sangat siap, siap, cukup, dan kurang siap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan guru penjasorkes pada sekolah sasaran dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 yang masuk kategori sangat siap 3 orang(7%), siap 19 orang(42%), kurang siap 20 orang(44%), tidak siap 3 orang(7%).Dari hasil di atas bahwa penelitian dapat disimpulkan bahwa kesiapan Guru Penjasorkes pada sekolah sasaran dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dikategorikan menjadi SS 7 %, S 42 %, KS 44 %, TS 7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kesiapan,Guru Penjasorkes SD,Kurikulum2013
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Feb 2016 20:55
Last Modified: 11 Mar 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29548

Actions (login required)

View Item View Item