HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU KARAKTER SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 YOGYAKARTA

Ika, widiastuti (2016) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU KARAKTER SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Ika Widiastuti 12511247008.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU KARAKTER SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 YOGYAKARTA Oleh: Ika widiastuti NIM 12511247008 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pola asuh orang tua dominan yang diterapkan pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Tata Boga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta, (2) mengetahui perilaku karakter dominan yang ditepkan pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Tata Boga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta, dan (3) mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku karakter Siswa Kelas XI Program Keahlian Tata Boga Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian semua Siswa Kelas XI Program Keahlian Tata Boga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta yaitu 120 siswa. Ukuran sampel penelitian yaitu 89 siswa ditentukan dengan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, sampel tiap kelas ditentukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengumpulkan data variabel pola asuh orang tua dan variabel perilaku karakter siswa. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, untuk variabel pola asuh orang tua diperoleh 28 butir pernyataan yang valid dan 14 butir pernyataan yang gugur, untuk variabel karakter siswa diperoleh 30 butir pernyataan yang valid dan 22 butir pernyataan yang gugur. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil uji reliabilitas variabel pola asuh orang tua yaitu 0,897, hasil uji reliabilitas variabel perilaku karakter siswa yaitu 0,880. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, pengujian persyaratan analisis, dan pengujian hipotesis dengan analisis korelasi menggunakan bantuan SPSS versi 13,0. Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) pola asuh orang tua dominan yang diterapkan pada siswa kelas XI Program Keahlian Tata Boga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta yaitu pola asuh demokratis sebanyak 92,1% atau 82 siswa, (2) perilaku karakter dominan dari 8 karakter yang diterapkan pada siswa kelas XI Program Keahlian Tata Boga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta yaitu karakter santun sebanyak 32,6% atau 29 siswa, dan (3) ada hubungan positif dan signifikan pola asuh orang tua dengan perilaku karakter siswa kelas XI Program Keahlian Tata Boga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta yaitu sebesar 62,3%. Kata Kunci: pola asuh orang tua, perilaku karakter siswa, siswa SMK Tata Boga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Feb 2016 18:47
Last Modified: 30 Jan 2019 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29532

Actions (login required)

View Item View Item