I Gusti, Bagus (2016) PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT PRAKTIK LAS DASAR DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, U N Y.
|
Text
I Gusti Bagus MD 06503244021.pdf Download (45MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT PRAKTIK LAS DASAR DI SMK NEGERI 2 KLATEN Oleh: I Gusti Bagus Mahendra Destiyanto 06503244021 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jobsheet terhadap prestasi belajar peserta didik serta mengetahui hasil prestasi belajar peserta didik yang menggunakan jobsheet dan yang tidak menggunakan jobsheet pada mata diklat Praktik Las Dasar di SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Waktu pelaksanaan penelitian dimulai tanggal 2 Januari 2012 sampai dengan 28 Januari 2012 (1 bulan) yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Klaten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) tahap persiapan penelitian, (2) tahap pelaksanaan penelitian, dan (3) langkah perlakuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode pre-test dan post-test. Sedangkan analisa data menggunakan teknik statistic deskriptif yang berfungsi untuk mengetahui nilai hasil belajar peserta didik setelah melakukan pre-test dan post-test. Berdasarkan uji statistik dengan independent sample t-test yang telah dilakukan, diperoleh taraf signifikansi (p) prestasi belajar ranah psikomotor sebesar 0,000 dan thitung sebesar -6,858. Karena prestasi belajar ranah psikomotor p < 0,05 dan thitung > ttabel maka terdapat perbedaan prestasi belajar ranah psikomotor antara siswa yang menggunakan media jobsheet dan yang tidak menggunakan media jobsheet. Dari uji statistik dengan independent sample t-test yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan media jobsheet (kelompok eksperimen) lebih baik bila dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media jobsheet (kelompok kontrol) di SMK Negeri 2 Klaten pada mata diklat Praktik Las Dasar. Dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,72 sedangkan rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 62,44. Kata kunci: pengaruh, jobsheet, prestasi belajar, praktik las dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 04 Feb 2016 00:41 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |