EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK PENINGKATAN CAPAIAN KOMPETENSI APLIKASI GERBANG LOGIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 WONOSARI

Husnul, Aqif (2016) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK PENINGKATAN CAPAIAN KOMPETENSI APLIKASI GERBANG LOGIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Husnul Aqif 10501241024.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK PENINGKATAN CAPAIAN KOMPETENSI APLIKASI GERBANG LOGIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 WONOSARI Oleh : Husnul Aqif NIM 10501241024 Masih banyak penggunaan strategi pembelajaran dengan pendekatan konvensional yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Serta kurang optimalnya peran guru dalam mengajar baik memilih strategi, penyampaian materi maupun dalam penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas strategi pembelajaran berbasis proyek untuk peningkatan capaian kompetensi aplikasi gerbang logika siswa kelas X pada konsep gerbang logika kombinasi dan aljabar Boolean mata pelajaran elektronika dasar, (2) perbedaan pencapaian kompetensi kognitif siswa yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan pada kelas X program keahlian Teknik Elektronika di SMK Negeri 3 Wonosari. Populasi berjumlah 8 kelas, teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling, sampel penelitian 2 kelas sejumlah 60 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji-t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran berbasis proyek lebih efektif untuk peningkatan capaian kompetensi aplikasi gerbang logika dibandingkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji N-gain terlihat dari perbandingan rata-rata data pretest-posttest menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen 0,5949 dan kelompok kontrol 0,4103 termasuk kategori sedang. Tetapi bisa dilihat lebih spesifik dari setiap kategori pada tabel perbandingan nilai N-gain antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan perbandingan 3:11 untuk kategori rendah, 15:15 untuk kategori sedang, dan kategori tinggi berbanding 12:4. jumlah kategori tinggi untuk kelompok eksperimen lebih banyak dengan perbandingan 12:4, tiga kali lipat atau 300% dari kelompok kontrol, (2) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi kognitif siswa yang menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis pada tabel menunjukkan bahwa harga thitung lebih besar dari harga thitung yaitu 3,1893 > 2,000 dan rata-rata pencapaian nilai hasil posstest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol yaitu 80,6667:70,333. Kata kunci : efektivitas, pembelajaran berbasis proyek, eksperimen kuasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Feb 2016 00:33
Last Modified: 30 Jan 2019 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29525

Actions (login required)

View Item View Item