PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PENJUMLAHAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN DAKON PADA ANAK KELOMPOK B TK PAMARDI SIWI MUJA-MUJU

Sri, Harnani (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PENJUMLAHAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN DAKON PADA ANAK KELOMPOK B TK PAMARDI SIWI MUJA-MUJU. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI Sri Harnani (11111244036).pdf
Restricted to Registered users only until December 2018.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika penjumlahan dan pengurangan. Peningkatan kemampuan matematika penjumlahan dan pengurangan pada penelitian ini adalah menggunakan media berupa dakon yang dilaksanakan pada kelompok B TK Pamardi Siwi Muja-Muju. Kemampuan matematika yang diteliti adalah penjumlahan dan pengurangan bilangan 1 sampai 20. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian siswa kelompok B TK Pamardi Siwi Muja-Muju berjumlah 16 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa LKA dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan matematika penjumlahan pengurangan. Peningkatan kemampuan penjumlahan adalah ketika anak menyebutkan hasil penjumlahan dari biji yang ada dilumbung lumbung satu dan dua, sedangkan peningkatan kemampuan pengurangan adalah saat anak mengambil biji dilumbung dua dan disikan pada sawah-sawah untuk permainan selanjutnya. Hasil skor rata-rata dari penilaian observasi dan portofolio siklus I ke siklus II pada kemampuan penjumlahan meningkat, skornya adalah 94,22, sedangkan skor rata-rata dari penilaian observasi dan portofolio untuk kemampuan pengurangan diperoleh skor 94,30. Permainan dakon dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan pengurangan bilangan 1-20 anak kelompok B TK Pamardi Siwi Muja-Muju Kata kunci : Penjumlahan, pengurangan, dan permainan dakon.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penjumlahan, pengurangan, dan permainan dakon
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Feb 2016 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29521

Actions (login required)

View Item View Item