PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SENTRA ALAT PERMAINAN EDUKATIF TRADISIONAL (APET) TK KELOMPOK A PAUD BINA BUAH HATI LABSITE BPKB DIY

Isti Evi, Rokhanasari (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SENTRA ALAT PERMAINAN EDUKATIF TRADISIONAL (APET) TK KELOMPOK A PAUD BINA BUAH HATI LABSITE BPKB DIY. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanan pembelajaran di Sentra APET. Fokus penelitiannya meliputi rencana, kegiatan, dan evaluasi pembelajaran Sentra APET. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Subjek penelitian meliputi satu guru sentra, koordinator pembelajaran, kepala sekolah, dan siswa usia 4-5 tahun yang berjumlah 14 anak. Objek penelitian yakni pelaksanaan pembelajaran di Sentra APET. Tempat penelitian di Sentra APET PAUD Bina Buah Hati Jl Sorowajan Baru No. 1 Banguntapan, Bantul. Metode pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data dilakukan secara kualitatif sesuai dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan; (1) rencana pembelajaran di Sentra APET mengacu pada Kurikulum 2013 dan pengembangan muatan materi menyesuaikan dengan standar nasional PAUD Permendikbud No. 137 tahun 2014; (2) kegiatan pembelajaran terdiri dari; (a) pijakan lingkungan main: 1) guru menata alat dan bahan main menggunakan peralatan yang ada di sentra (bakiak, gamelan, rebana, holahop, dan rantai gelang karet), 2) guru juga membawa bahan dari rumah karena di sekolah tidak ada (daun pisang untuk membuat terompet), 3) menyambut anak, 4) main pembukaan (gerak dan lagu), 5) transisi (minum dan buang air kecil); (b) pijakan sebelum main: 1) guru mengajak siswa duduk melingkar, 2) presensi, 3) menjelaskan tema dan sub tema (tanya jawab dan menggambar benda yang berhubungan di whiteboard), 3) aturan main, 4) transisi sebelum main; (c) pijakan saat main: 1) siswa memilih permainan yang disuka seperti (membuat kuluk, terompet, mennyambu karet gelang, dan memainkan rebana), 2) guru mengawasi, mendampingi, dan memotivasi siswa yang tidak minat bermain dengan cara bermain di dekatnya sehingga anak ingin mencoba; (d) pijakan setelah main: 1) guru mengajak siswa membereskan alat dan bahan main, 2) cuci tangan, 3) duduk melingkar, 4) menanyakan perasaan setelah bermain, 5) berdoa sebelum makan, 6) minum dan makan, 7)membaca doa setelah makan dan belajar, 8) memberikan penjelasan mengenai pembelajaran esok hari, 9) bersalaman kemudian siswa keluar kelas; (3) evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi harian, bulanan, dan semesteran yang menggunakan teknik skala capaian perkembangan, catatan anekdot, dan catatan hasil karya siswa setiap bulan. Kata kunci: pembelajaran, sentra, alat permainan edukatif tradisional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 03 Feb 2016 22:13
Last Modified: 30 Jan 2019 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29520

Actions (login required)

View Item View Item