PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK ABA GAMBRENGAN, SRANDAKAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Yuventi, Amanda (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK ABA GAMBRENGAN, SRANDAKAN, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_Yuventi Amanda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan motorik halus harus dikuasai oleh anak sebagai dasar kemampuan fisik motorik yang lain. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B1 di TK ABA Gambrengan, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian sebanyak 15 anak, yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Objek penelitian adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan finger painting. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus anak kelompok B1 di TK ABA Gambrengan. Dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase saat pelaksanaan pra tindakan yaitu 46,11% yang termasuk dalam kriteria mulai berkembang. Pada Siklus I, rata-rata persentase sebesar 58,15% yang termasuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan. Pada Siklus II, rata-rata persentase menunjukkan peningkatan yaitu 81,48% yang termasuk dalam kriteria berkembang sangat baik. Berdasarkan perolehan data, dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik halus anak kelompok B1 di TK ABA Gambrengan mengalami peningkatan mencapai indikator yang diinginkan yaitu ≥ 80%. Proses peningkatannya dengan menyediakan bubur warna yang berwarna-warni dengan warna yang disukai anak agar anak tertarik mengikuti kegiatan finger painting dan meningkatkan kembali pemberian contoh agar anak lebih mengerti dan menguasai kegiatan finger painting. Jika anak tertarik mengikuti, mengerti dan menguasai kegiatan finger painting maka keterampilan motorik halus anak mulai dari ketepatan dalam menyelesaikan tugas, keterampilan menggerakkan dan koordinasi mata dengan tangan meningkat. Kata kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan finger painting, anak kelompok B1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 03 Feb 2016 21:44
Last Modified: 30 Jan 2019 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29518

Actions (login required)

View Item View Item