GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK 1 SEDAYU

Hira, Ponco Suprayogi (2016) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK 1 SEDAYU. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Hira Ponco Suprayogi - 09505247002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK 1 SEDAYU Oleh: Hira Ponco Suprayogi 09505247002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah yang diterapkan di SMK 1 Sedayu dalam memimpin sekolahnya, dan mengetahui seberapa besar Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan SMK 1 Sedayu. Sebagai sumber data penelitian ini adalah Stakeholders (pemangku kepentingan) SMK 1 Sedayu, dalam hal ini pihak yang dipengaruhi dan mempengaruhi Kepala Sekolah didalam manajemen sekolah secara langsung yang terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, Guru, Staf, Dewan Sekolah. Sampel responden berjumlah 30 orang yang diambil dari sebagian populasi. Pengambilan sampel responden dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan kuisioner (angket). Anailisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian tentang gaya kepemimpinan Kepala Sekolah di SMK 1 Sedayu, diperoleh rerata persentase dari gaya kepemimpinan Path Goal sebesar 83,35 % artinya memiliki interpretasi yang sangat tinggi dengan kategori “amat baik” (81-100%). Selanjutnya untuk perolehan rerata persentase dari gaya kepemimpinan transformasional sebesar 79,99 %; artinya memiliki interpretasi tinggi dengan kategori “baik” (61-81%). Hal ini menunjukkan bahwa dalam memimpin sekolahnya, Kepala Sekolah cenderung menggunakan gaya kepemimpinan Path Goal dengan karakteristik kepemimpinan yang direktif, supportif, partisipatif, goal oriented, selain itu Kepala Sekolah juga menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yang memiliki karakteristik memberi visi dan misi, inspirasi, simulasi intelektual, dan konsiderasi yang bersifat individual disesuaikan dengan situasi dan kondisinya. Sedangkan untuk Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah, diperoleh rerata persentase sebesar 79,01%; artinya memiliki interpretasi tinggi dengan kategori “baik” (61-81%). Hal ini menunjukkan bahwa SMK 1 Sedayu telah menerapkan model sitem Manajemen Berbasis Sekolah baik, yang meliputi fungsi-fungsi manajemen jelas, urusan-urusan sekolah komprehensif, pola manajemen sekolah desentralistik, tata kelola yang baik, pemantauan/supervisi pelaksanaan MBS, dan siklus pengembangan manajemen sekolah yang diterapkan dengan baik. Kata kunci: gaya kepemimpinan, kepala sekolah, dan manajemen berbasis sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Feb 2016 20:33
Last Modified: 30 Jan 2019 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29513

Actions (login required)

View Item View Item