UPAYA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK MELALUI AKTIVITAS OUTBOUND DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INTERNASIONAL LUQMAN HAKIM YOGYAKARTA

Hesti, Purnama Sari (2016) UPAYA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK MELALUI AKTIVITAS OUTBOUND DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INTERNASIONAL LUQMAN HAKIM YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Hesti Purnama Sari - 08511241032.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

UPAYA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK MELALUI AKTIVITAS OUTBOUND DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INTERNASIONAL LUQMAN HAKIM YOGYAKARTA ABSTRAK Oleh : Hesti Purnama Sari 08511241032 Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat rasa percaya diri siswa di SDIT Internasional Luqman Hakim Yogyakarta (2) Mengetahui pelaksanaan aktivitas outbound siswa SDIT Internasional Luqman Hakim Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDIT Internasional Luqman Hakim Yogyakarta yang berjumlah 40 siswa. Tempat penelitian dilaksanakan di SDIT Internasional Luqman Hakim Yogyakarta. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari 2012 -Juni 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dokumentasi. Validitas instrumen di uji menggunakan expert judgement dan uji empiris menggunakan korelasi Product Moment dengan hasil untuk rasa percaya diri gugur 5 dan valid 20. Reliabilitas instrumen di uji menggunakan rumus Alpha cronbach dengan hasil rasa percaya diri sebesar 0,712. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa angket yang digunakan reliabel dan dalam kategori tinggi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Siswa kelas IV SDIT Internasional Luqman Hakim Yogyakarta mempunyai rasa percaya diri dalam kategori tinggi dengan rata-rata 46,60 (2) Pelaksanaan aktivitas outbound dilakukan satu semester satu kali dan bersifat wajib bagi para siswa dengan tema living skill. Agar pelaksanaan kegiatan lancar maka dibuat perencanaan kegiatan yang matang. Permainan yang disajikan dalam kegiatan outbound merupakan permainan yang membentuk karakter diri siswa terutama dalam membangun kepercayaan diri. Pada akhir kegiatan dilaksanakan evaluasi yang berupa diskusi tentang pengalaman yang didapat selama mengikuti kegiatan outbound tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Feb 2016 20:13
Last Modified: 30 Jan 2019 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29510

Actions (login required)

View Item View Item