Pengembangan LKS IPA Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP

Ulfa, Soraya aulia (2015) Pengembangan LKS IPA Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-handayaningsih-13706259023.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan LKS IPA berbasis inkuiri berdasarkan hasil penilaian dosen ahli dan guru IPA, dan (2) mengukur keefektifan LKS IPA berbasis inkuiri dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) revisi pertama, (5) uji coba lapangan pendahuluan, (6) revisi kedua, (7) uji coba lapangan utama, (8) revisi produk akhir, dan (9) diseminasi. Desain uji coba lapangan pendahuluan menggunakan out shot case study untuk siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Depok, sedangkan uji coba lapangan utama menggunakan posttest-only control design untuk siswa kelas VII B dan VII C SMP Muhammadiyah 2 Depok. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket. Lembar angket validasi, keterbacaan LKS dan evaluasi diri siswa digunakan untuk mengukur kelayakan LKS dan mengukur keterampilan proses sains siswa. Kalayakan LKS dianalisis dengan menggunakan konversi skor skala 4. Sedangkan analisis untuk mengukur keterampilan proses siswa menggunakan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini berupa LKS IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP. Hasil validasi dan uji coba produk menunjukkan bahwa (1) LKS IPA layak digunakan dalam pembelajaran dan (2) efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKS IPA, inkuiri, keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2016 18:09
Last Modified: 09 May 2019 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29504

Actions (login required)

View Item View Item