Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis, Karakter Peduli Lingkungan Dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X MA Ali Maksum Yogyakarta

Nada, Shofwatun (2015) Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis, Karakter Peduli Lingkungan Dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X MA Ali Maksum Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-shofwatun-nada-13708251092.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik LKPD berbasis model problem based learning yang dikembangkan; (2) kelayakan LKPD berbasis model problem based learning yang dikembangkan sesuai dengan kriteria LKPD yang ditentukan; dan (3) peningkatan keterampilan berpikir kritis, karakter peduli lingkungan dan pemahaman konsep biologi peserta didik dengan mengimplementasikan LKPD berbasis model problem based learning. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model Brog & Gall. Tahapan penelitian ini terdiri dari: (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan dan perancangan; (3) mengembangkan bentuk awal produk, (4) uji coba terbatas, (5) evaluasi dan perbaikan; (6) uji coba diperluas; (7) evaluasi dan perbaikan revisi; (8) uji lapangan oprasional; (9) penyempurnaan produk; dan (10) desiminasi dan implementasi produk. Kelayakan LKPD divalidasi oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli media, dua orang guru biologi, dan tiga orang teman sejawat ditinjau dari aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan kegrafikan. Subjek coba pada penelitian ini adalah Peserta didik MA Ali Maksum Yogyakarta yang berjumlah 72 peserta didik dengan rincian: 17 Peserta didik untuk uji coba terbatas dan 55 peserta didik untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan tes (pre-test dan pos-test). Masukan terhadap LKPD hasil pengembangan pada tahap uji coba terbatas digunakan sebagai dasar perbaikan LKPD pada uji coba pada tahap selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD memiliki karakteristik penggunaan model PBL, menggunakan kertas ivori 260 dengan berat 80 gram, isi LKPD meliputi: Judul, tujuan pembelajaran, peta konsep, artikel, praktikum kegiatan 1-4 dan glosarium; (2) LKPD berbasis model PBL, ditinjau dari aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan kegrafikan menurut ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran biologi, peserta didik dan teman sejawat memperoleh nilai A dengan kategori sangat baik dan rata-rata skor total ≤ 3,3, (3) Peningkatan berpikir kritis pesrta didik masuk dalam kategori sedang dengan nilai gain score sebesar 0,57, karakter peduli lingkungan sebesar 81,25%, peningkatan hasil belajar siswa masuk dalam kategori tinggi dengan nilai gain score sebesar 0,71 dan 84,38% ketuntasan hasil belajar, hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD materi pencemaran lingkungan hasil pengembangan layak digunakan untuk meningkatkan berpikir kritis, karakter peduli lingkungan dan pemahaman konsep peserta didik kelas X MA Ali Maksum Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Pencemaran Lingkungan, Berpikir Kritis, Karakter Peduli Lingkungan, Pemahaman Konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2016 18:09
Last Modified: 09 May 2019 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29503

Actions (login required)

View Item View Item