Survey Keterlibatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Proses Pembelajaran Fisika SMA Sekabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah

Erfan, Muhammad (2015) Survey Keterlibatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Proses Pembelajaran Fisika SMA Sekabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-erfan-13708251024.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) metode apa yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran Fisika, (2) level kognitif pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, serta (3) keterlibatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam proses pembelajaran fisika di SMA sekabupaten Sukamara Kalimantan Tengah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang dilaksanakan pada semua SMA Negeri di Kabupaten Sukamara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari lima tahap yaitu: kajian teori, pertanyaan penelitian, pembuatan instrumen observasi dan instrumen wawancara, pelaksanaan observasi dan wawancara, serta kesimpulan. Subjek utama dalam penelitian ini adalah semua guru fisika SMA yang ada di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, serta video recorder. Selanjutnya data dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode yang digunakan pendidik dalam pembelajaran fisika di SMA sekabupaten Sukamara adalah metode ceramah, (2) pertanyaan yang diajukan oleh pendidik fisika di SMA sekabupaten Sukamara dalam proses pembelajaran sebagian besar masih dalam kategori berpikir tingkat rendah, dan (3) Keterlibatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam proses pembelajaran fisika di SMA sekabupaten Sukamara masuk dalam kategori sangat kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir tingkat tinggi, proses pembelajaran fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2016 18:09
Last Modified: 09 May 2019 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29502

Actions (login required)

View Item View Item