PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MATERI SISTEM KOLOID SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMK/MAK

Nais, Miarti Khikmatun (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MATERI SISTEM KOLOID SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMK/MAK. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia materi sistem koloid sebagai media pengayaan kimia untuk peserta didik SMK/MAK dan mengetahui kualitas produk multimedia yang dihasilkan berdasarkan penilaian lima orang reviewer. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari enam tahap meliputi tahap pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi dan revisi produk, penilaian produk, serta penyempurnaan produk akhir. Produk multimedia yang dihasilkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta ditinjau oleh tiga orang peer reviewer. Masukan dari ahli materi, ahli media, dan peer reviewer digunakan untuk memperbaiki produk awal. Penilaian produk dilakukan oleh lima orang reviewer berdasarkan enam aspek, yaitu aspek kelayakan isi, bahasa, tampilan media, audio media, pemrograman, dan kemanfaatan. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah multimedia materi sistem koloid sebagai media pengayaan kimia untuk peserta didik SMK/MAK yang dikembangkan berdasarkan model pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan penilaian lima orang reviewer, multimedia yang dihasilkan memperoleh jumlah skor rata-rata 111,8 dengan persentase keidealan 86%. Hasil tersebut memenuhi kriteria kualitas Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Feb 2016 18:43
Last Modified: 30 Jan 2019 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29494

Actions (login required)

View Item View Item