PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGANTAR PARIWISATA KELAS X BUSANA BUTIK 1 DI SMK N 6 YOGYAKARTA

Hesti, Ariyani (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGANTAR PARIWISATA KELAS X BUSANA BUTIK 1 DI SMK N 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Hesti Ariyani 10513244028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGANTAR PARIWISATA KELAS X BUSANA BUTIK 1 DI SMK N 6 YOGYAKARTA Oleh: Hesti Ariyani 10513244028 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pengantar pariwisata kelas X Busana Butik 1 SMK N 6 Yogyakarta ditinjau dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Subyek penelitian ini siswa kelas X Busana Butik 1 berjumlah 30 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Uji validitas instrument berdasarkan judgment expert. Uji reliabilitas menggunakan kesepakatan antar rater. Analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran pengantar pariwisata ditinjau dari kegiatan pendahuluan memiliki mean 30 sehingga masuk kategori baik dengan persentase 50% dengan beberapa perbaikan pada perangkat jurnal guru, pemeriksaan kondisi ruang belajar dan kondisi psikis siswa. (2) Pelaksanaan pembelajaran pengantar pariwisata ditinjau dari kegiatan inti terdiri dari lima tahapan saintifik a) mengamati (observing) memiliki mean 10 sehingga masuk kategori baik dengan persentase 75%, b) menanya (questioning) memiliki mean 7,5 sehingga masuk kategori baik dengan persentase 66.67%, c) menalar (associating) memiliki mean 7,5 sehingga masuk kategori baik dengan persentase 66.67%, d) mencoba (experimenting) memiliki mean 10 sehingga masuk kategori baik dengan persentase 75% dan e) mengomunikasikan (networking) memiliki mean 7,5 sehingga masuk kategori baik dinyatakan baik dengan persentase 66.67%. Secara keseluruhan kegiatan inti memiliki mean 70 sehingga masuk kategori baik dan memperoleh persentase 53.57% dengan beberapa perbaikan terutama pada tahapan menanya dan mengomunikasikan (3) Pelaksanaan pembelajaran pengantar pariwisata ditinjau dari kegiatan penutup memiliki mean 25 sehingga masuk kategori baik dengan persentase 80% dengan beberapa perbaikan pada evaluasi dan pemantauan kemajuan belajar siswa. Kata kunci: pelaksanaan, pembelajaran, pengantar pariwisata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Feb 2016 20:38
Last Modified: 30 Jan 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29486

Actions (login required)

View Item View Item