SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENYUSUNAN RPP OLEH KEPALA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO

Ulfi, Roykhanah (2016) SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENYUSUNAN RPP OLEH KEPALA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ulfi Roykhanah_08101241037.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru SD/MI dalam penyusunan RPP di kecamatan Panjatan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SD/MI di Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 30 kepala sekolah. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan jawaban berupa frekuensi yang di isi sendiri oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penyusunan RPP dari 30 sekolah menunjukkan mayoritas melaksanakan pembinaan sebanyak 2 kali dalam satu semester. Hal yang paling sedikit dibina adalah tentang pemberian kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan pembelajaran, sedangkan frekuensi teringgi terdapat pada aspek skenario pembelajaran, bahkan ada 2 kepala sekolah yang melakukan pembinaan sebanyak 6 kali. Hambatan yang ditemui oleh kepala sekolah antara lain: keterbatasan waktu untuk melaksanakan supervisi akademik karena banyaknya tanggung jawab yang harus di selesaikan. Adanya senioritas dalam lingkup sekolahan sehingga bagi kepala sekolah swasta yang usia muda dan belum PNS merasa sungkan dengan guru PNS yang sudah senior.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Feb 2016 20:09
Last Modified: 30 Jan 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29482

Actions (login required)

View Item View Item