MANAJEMEN SARANA PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELAS AKSELERASI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

TUTUT NITA, SAPUTRI (2016) MANAJEMEN SARANA PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELAS AKSELERASI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TUTUT NITA SAPUTRI_08101244027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanmanajemen saranapembelajaran pada program kelas akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta yang terdiri dari perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, pemeliharaan, penghapusan, hambatan yang ditemukan dalam pengelolaan sarana prasarana pada program kelas akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta, dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari hingga Mei 2015. Key informant penelitian ini adalah kepala sekolah, waka sarana prasarana, guru, dan petugas kebersihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan memperpanjang masa observasi dan triangulasi data. Teknik analisis yang diterapkan mengacu pada analisis data model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) manajemen sarana pembelajaran pada program kelas akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta, yaitu perencanaan dilakukan melalui rapat dan analisis kebutuhan; pengadaan dilakukan dengan membeli, hibah dan sumbangan; inventarisasi dilakukan pada saat barang datang dengan cara mencatat di dalam buku induk barang;penyimpanan dilakukan di gudang yang sudah tersedia; pemeliharaan dilakukan setiap hari dan secara berkala; penghapusan dilakukan dengan cara membuang atau menyisihkan barang yang sudah rusak atau tidak layak pakai, menjual dan memusnahkan barang yang sudah rusak berat. Ketersediaan sarana yang ada di kelas akselerasi pada dasarnya sama dengan yang ada di kelas reguler, yang membedakan yaitu tahap pengadaan sarana pembelajaran di kelas akselerasi juga di dapat melalui iuran paguyuban orang tua siswa kelas akselerasi.2) Hambatan yang ditemukan dalam manajemen sarana pembelajaran pada program kelas akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta adalah kurangnya tenaga yang mengurusi sarana pembelajaran, kurangnya kesadaran pengguna dalam memanfaatkan sarana pembelajaran, pembelian barang yang tidak ada nota pembelian menyebabkan inventarisasi menjadi terhambat.3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah pengawasan yang ketat, pengecekan kembali nota pembelian pada saat pengadaan, dan penambahan personil sebagai pengurus sarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Feb 2016 19:39
Last Modified: 30 Jan 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29481

Actions (login required)

View Item View Item