KONTRIBUSI IKLIM SEKOLAH DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Rila, Fauziah (2016) KONTRIBUSI IKLIM SEKOLAH DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rila Fauziah_09101244018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru di SMP N di Kota Yogyakarta, (2) kontribusi budaya kerja terhadap kinerja guru di SMP N di Kota Yogyakarta, dan (3) kontribusi iklim sekolah dan budaya kerja terhadap kinerja guru di SMP N di Kota Yogyakarta. Penelitian ini termasuk kategori penelitian korelasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis data kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah SMP N di Kota Yogyakarta dari 15 sekolah keseluruhan guru di SMP N se Kota Yogyakarta. Pengambilan responden dengan random sampling dengan cara kluster menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh jumlah responden sebanyak 85 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis dengan korelasi spearman rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) iklim sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru SMP Se-Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,590>0,213) dan nilai signifikansi sebesar 0,021<0,05. Besarnya kontribusi variabel iklim sekolah dengan kinerja guru SMP Se-Kota Yogyakarta sebesar 34,8%, sedangkan sisanya 65,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini; (2) budaya kerja berkontribusi terhadap kinerja guru SMP Se-Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan r hitung lebih besar dari r tabel (0,588>0,213) dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05). Besarnya kontribusi variabel budaya kerja terhadap kinerja guru SMP Se-Kota Yogyakarta sebesar 58,8%, sedangkan sisanya 41,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini; dan (3) iklim sekolah dan budaya kerja berkontribusi terhadap kinerja guru SMP Se-Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai nilai F hitung lebih besar dari F tabel (4,707>3,10) dan nilai signifikansi sebesar 0,031 yang berarti kurang dari 0,05 (0,031<0,05). Persamaan regresi: Y = 1,954+0,098X1+0,578X2. Keeratan hubungan iklim sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru sebesar 0,663 masuk pada kategori moderate correlation; substantial relationship. Besarnya kontribusi variabel iklim sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru SMP SeKota Yogyakarta sebesar 34%, sedangkan sisanya 66% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Feb 2016 19:29
Last Modified: 30 Jan 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29478

Actions (login required)

View Item View Item