PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SENDANGADI 1 MLATI

Utami, Zuli (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SENDANGADI 1 MLATI. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Zuli Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Sendangadi 1 Mlati. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sendangadi 1 Mlati yang berjumlah 63 siswa, terdiri dari 31 siswa kelas IVA dan 32 siswa kelas IVB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan dua kelompok yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E, sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas konstruk dan validitas isi dengan penghitungan menggunakan korelasi biserial. Dari 30 soal, 26 soal dinyatakan valid dan 4 soal dinyatakan gugur. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus KR 21 dengan hasil r11= 0,739. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada hasil belajar IPA siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri Sendangadi 1 Mlati. Hasil ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest hasil belajar IPA kelompok eksperimen yaitu 81,14, lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest hasil belajar IPA kelompok kontrol yaitu 69,23. Hal ini juga didukung dengan hasil uji t data posttest pada kedua kelompok. Dari hasil uji t diperoleh t hitung> t tabel yaitu 4,687>1,99962 dan nilai probabilitas signifikansi<0,05 yaitu 0,000. Kata kunci : model pembelajaran learning cycle 5E, hasil belajar IPA, siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Feb 2016 20:04
Last Modified: 30 Jan 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29474

Actions (login required)

View Item View Item