PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI LISTENING TEAM PADA TEORI CHASIS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Heru, Subhiyantoro (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI LISTENING TEAM PADA TEORI CHASIS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Heru Subhiyantoro 09504247002.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI LISTENING TEAM PADA TEORI CHASIS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh: Heru Subhiyantoro 09504247002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta pada mata pelajaran chasis dan pemindah daya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif strategi listening team. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), pada prosesnya menerapkan strategi pembelajaran listening team. Penelitian tindakan kelas ini ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 2 SMK PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah 28 siswa. Pelaksanaan penelitian ini menerapkan 3 siklus, langkah-langkah penelitian dimulai dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi, setelah pembelajaran selesai maka startegi listening team diterapkan, adapun pelaksanaannya yaitu dengan membagi kelas ke dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok terdiri dari 6-7 orang siswa, kelompok I diberi tugas untuk bertanya, anggota kelompok ini mengajukan minimal 4 pertanyaan mengenai materi yang disampaikan, kelompok II diberi tugas sebagai kelompok yang menjawab pertanyaan dari kelompok I, kelompok III diberi tugas sebagai kelompok yang setuju, kelompok ini bertugas menyatakan poin-poin mana yang mereka sepakati dari pernyataan kelompok II disertai dengan alasan, kelompok IV diberi tugas sebagai kelompok yang tidak setuju, kelompok ini bertugas menyatakan poin-poin mana yang mereka tidak sepakati dari pernyataan kelompok III disertai dengan alasan. Pengamatan keaktifan siswa dalam belajar dan hasil belajar selama penerapan strategi listening team dipantau melalui observasi langsung, sedangkan hasil belajar diukur dengan melaksanakan tes awal pada awal pertemuan dan tes akhir pada akhir pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi pembelajaran listening team menunjukkan peningkatan aktifitas positif dan hasil belajar siswa keaktifan positif siklus I sebesar 23,33%; siklus II sebesar 34,23%; siklus III sebesar 51,85%. Sedangkan rata-rata hasil belajar saat observasi awal sebesar 6,87; siklus I sebesar 72,4; siklus II sebesar 75,1; dan siklus III sebesar 79,2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktifitas positif dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran listening team. Kata Kunci: PTK, Strategi listening team, Keaktifan belajar, dan Hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Feb 2016 19:19
Last Modified: 30 Jan 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29473

Actions (login required)

View Item View Item