PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KELENGKAPAN ALAT PERKAKAS TANGAN TERHADAP HASIL PRAKTIK KERJA BANGKU SISWA PEMESINAN KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Zidni, Mushthofa (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KELENGKAPAN ALAT PERKAKAS TANGAN TERHADAP HASIL PRAKTIK KERJA BANGKU SISWA PEMESINAN KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Zidni Muhthofa-11503244008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KELENGKAPAN ALAT PERKAKAS TANGAN TERHADAP HASIL PRAKTIK KERJA BANGKU SISWA PEMESINAN KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Zidni Mushthofa 11503244008 ABSTRAK Dalam penelitian ini memiliki beberapa tujuan, di antaranya: (1) untuk mengetahui persepsi siswa tentang kelengkapan peralatan perkakas tangan yang dimiliki jurusan pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Bantul, (2) untuk mengetahui tingkat hasil praktik kerja bangku pada mata pelajaran praktik kerja bangku, (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kelengkapan peralatan perkakas tangan terhadap hasil praktik kerja bangku. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Pemesinan sebanyak 60 responden. Penelitian ini menggunakan teknik sampling kuota. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu persepsi siswa tentang kelengkapan alat perkakas tangan (X) sebagai variabel bebas dan hasil praktik kerja bangku (Y) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan Product Moment, sedangkan reliabilitas diketahui melalui Alfa Croncbach. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Korelasi Product Moment.. Hasil dari penelitian ini adalah (1) menurut pendapat siswa alat perkakas tangan yang dimiliki oleh bengkel pemesinan cukup lengkap, dengan hasil siswa yang menyatakan dalam kategori sangat lengkap ada 6 siswa (10%), kategori lengkap ada 14 siswa (23,33%), kategori cukup lengkap ada 26 siswa (43,34%) dan kategori kurang lengkap ada 14 siswa (23,33), (2) hasil praktik kerja bangku dalam yang diperoleh siswa dalam kategori cukup tinggi, dengan hasil siswa yang mempunyai hasil praktik kerja bangku dalam kategori sangat tinggi ada 9 siswa (15%),kategori tinggi 15 siswa (25%), kategori cukup tinggi 19 siswa (31,67%) dan kategori rendah ada 17 siswa (28,33%), (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kelengkapan alat perkakas tangan terhadap hasil praktik kerja bangku dengan nilai korelasi hubungan (RXY)=0,887, koefisien determinasi (Rxy)2=0,788 dan mempunyai sumbangan efektif sebesar 78,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Alat perkakas tangan, Hasil praktik kerja bangku.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Feb 2016 19:06
Last Modified: 30 Jan 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29469

Actions (login required)

View Item View Item