PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TGB SMK NEGERI 2 KLATEN PADA MATA PELAJARAN MDPL

Wiwin, Aryuni (2016) PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TGB SMK NEGERI 2 KLATEN PADA MATA PELAJARAN MDPL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
WIWIN-NIM 11505244005.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TGB SMK NEGERI 2 KLATEN PADA MATA PELAJARAN MDPL Oleh: Wiwin Aryuni NIM. 11505244029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa baik kualitas pembelajaran pada siswa kelas XI TGB di SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL; (2) seberapa baik kelengkapan fasilitas belajar di SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL; (3) seberapa baik motivasi belajar siswa kelas XI TGB di SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL; (4) bagaimana pengaruh kualitas pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TGB di SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL; (5) bagaimana pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TGB di SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL; (6) bagaimana pengaruh kualitas pembelajaran dan fasilitas belajar di sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TGB di SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Klaten sebanyak 62 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 51 siswa. Sampel, ditentukan dengan teknik Propotionate Random Sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui angket tertutup. Analisis data menggunakan regresi ganda, dengan bantuan program SPSS V.13.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut pendapat siswa: (1) kualitas pembelajaran pada kelas XI TGB SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL berada dalam kategori baik yaitu dengan modus sebesar 66,7%; (2) fasilitas belajar di SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL berada dalam kategori baik yaitu dengan modus sebesar 56,9%; (3) Motivasi Belajar siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL berada dalam kategori baik yaitu dengan modus sebesar 64,7%; (4) kualitas pembelajaran memiliki peranan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Klaten pada Mata Pelajaran MDPL. Besarnya pengaruh yaitu dengan modus sebesar 24,3%; (5) fasilitas belajar di sekolah memiliki peranan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL. Besarnya pengaruh yaitu dengan modus sebesar 20,1%; (6) kualitas pembelajaran dan fasilitas belajar di sekolah secara bersama-sama memiliki peranan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL. Besarnya hubungan yaitu dengan modus sebesar 44,4%. Kata kunci: kualitas pembelajaran, fasilitas belajar di sekolah, dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Feb 2016 18:57
Last Modified: 30 Jan 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29466

Actions (login required)

View Item View Item