MANAJEMEN PEMASARAN DAN PENELUSURAN LULUSAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Hayin Linda, Sabekti (2016) MANAJEMEN PEMASARAN DAN PENELUSURAN LULUSAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hayin Linda Sabekti_11101244024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) manajemen pemasaran lulusan di SMK N 2 Yogyakarta yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan; (2) kegiatan penelusuran lulusan di SMK N 2 Yogyakarta yang mencakup persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut; (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen pemasaran lulusan di SMK N 2 Yogyakarta; dan (4) faktor pendukung dan penghambat kegiatan penelusuran lulusan di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya meliputi Ketua BKK (Bursa Kerja Khusus), Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat, Sekretaris BKK. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif model Milles dan Huberman. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Pemasaran lulusan di SMK N 2 Yogyakarta dijalankan oleh BKK yang terdiri atas guru-guru yang memiliki keahlian di bidang pemasaran pada setiap Bulan Maret. Kegiatan yang dilakukan yakni promosi siswa ke perusahaan, mengikuti pameran, kunjungan industri, dan mengiklankan sekolah lewat website. Semua siswa yang menjelang lulus baik dari program studi Teknik Bangunan, Survey & Pemetaan, Ketenagalistrikan, Mesin, Otomotif, Elektronika, dan Komputer & Informatika dipasarkan ke perusahaan yang relevan dengan program studi mereka. Misalnya untuk program studi Teknik Otomotif dipasarkan ke Yamaha Motor. (2) Penelusuran lulusan dilakukan dengan menyebarkan aplikasi penelusuran lulusan ke telepon genggam para lulusan. Semua siswa yang sudah lulus ditelusuri oleh BKK pada 3 sampai 6 bulan setelah kelulusan. Penelusuran dilakukan untuk mengetahui informasi keberadaan para lulusan, apakah sudah bekerja, belum bekerja atau melanjutkan studi. (3) Faktor pendukung pelaksanaan manajemen pemasaran lulusan yakni: kualitas lulusan bagus, ada pengurus, tidak ada biaya, dan pelayanannya prima. Faktor penghambatnya yakni: kualitas pengurus kurang, promosi jarang dilakukan, dan dana kecil. (4) Faktor pendukung kegiatan penelusuran lulusan yaitu: ada pengurus, tersedia fasilitas dan dana. Faktor penghambatnya yaitu: masih ada lulusan yang tidak mau membagi informasi keberadaannya dan metode serta instrumen kurang efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Feb 2016 19:11
Last Modified: 30 Jan 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29462

Actions (login required)

View Item View Item