KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SE-KECAMATAN BANGUNTAPAN YANG BERAKREDITASI “A”

Fitriani, Fitriani (2016) KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SE-KECAMATAN BANGUNTAPAN YANG BERAKREDITASI “A”. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Fitriani_11101244021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan Standar Sarana dan Prasarana PAUD, ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan dilihat dari segi edukatif, segi teknik, dan segi estetika di Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kecamatan Banguntapan yang berakreditasi A. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Setting penelitian ini adalah TK se-Kecamatan Banguntapan yang berakreditasi A. Metode pengumpulan data ada tiga macam, yaitu angket tertutup, observasi lapangan, dan studi dokumen. Subjek penelitian ini adalah TK se-Kecamatan Banguntapan yang berakrediasi A. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil dari penelitian ini adalah ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang dilihat dari Standar Sarana dan Prasarana PAUD mendapat skor 88.6% (sangat lengkap) yang berarti ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan sudah sesuai dengan standar sarana dan prasaran PAUD. Sedangkan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang dilihat dari segi edukatif mendapat skor 87.1% (sangat lengkap) yang berarti sarana dan prasarana pendidikan yang tersedia sudah mendukung proses pembelajaran, sesuai kemampuan anak, dapat mendorong aktivitas dan kreatifitas anak, letaknya mudah dijangkau oleh guru/anak. Sedangkan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan dilihat dari segi teknik mendapat skor 87.1% (sangat lengkap) yang berarti sarana dan prasarana pendidikan yang tersedia sesuai tujuan dan fungsinya, ukurannya sesuai konsep pembelajaran, awet dan kuat, bentuk dan warnanya tidak mudah berubah, mudah digunakan oleh anak/guru, aman dan tidak membahayakan pemakai, luwes. Sedangkan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan dilihat dari segi estetika mendapat skor 85.8% (sangat lengkap) yang berarti sarana dan prasarana pendidikan yang tersedia indah dan menarik, ukurannya sesuai umur pemakai, di cat warna yang cerah, bisa digunakan untuk kepentingan individu, kelompok/ klasikal. Kondisi sarana dan prasarana pendidikan yang ada di TK se-Kecamatan Banguntapan menunjukan rata-rata 85.47% yang berarti kondisi sarana dan prasarana pendidikan yang ada sebagian besar masih layak digunakan untuk mendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Feb 2016 18:35
Last Modified: 30 Jan 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29461

Actions (login required)

View Item View Item