PERBEDAAN MOTIVASI KERJA GURU TIDAK TETAP DAN GURU TETAP YAYASAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN BANYUMAS

Ade, Iryani (2016) PERBEDAAN MOTIVASI KERJA GURU TIDAK TETAP DAN GURU TETAP YAYASAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ade Iryani_09101241033.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) motivasi kerja guru tidak tetap dan guru tetap yayasan di Sekolah Dasar Muhammadiyah se-Kabupaten Banyumas, 2) perbedaan motivasi kerja antara guru tidak tetap dan guru tetap yayasan di Sekolah Dasar Muhammadiyah se-Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 75 responden yang terdiri dari 27 guru tidak tetap dan 48 guru tetap yayasan di SD Muhammadiyah se-Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment yang menunjukkan sebanyak 42 butir pernyataan valid dan sebanyak 8 butir pernyataan tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach sebesar 0,960 sehingga reliabel. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Motivasi kerja guru tetap yayasan (GTY) sebagian besar menyatakan dalam kategori tinggi sebanyak 37 orang (77,1%). 2) Motivasi kerja guru tidak tetap (GTT) sebagian besar menyatakan dalam kategori tinggi sebanyak 18 orang (66,7%). 3) Terdapat perbedaan motivasi kerja GTT dan GTY yang ada di SD Muhammadiyah se-Kabupaten Banyumas. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t yang menghasilkan thitung sebesar 2,865 > ttabel 2,000.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Feb 2016 17:49
Last Modified: 01 Feb 2016 17:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29446

Actions (login required)

View Item View Item