PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN

Heri, Triyogo (2016) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Heri Triyogo 09520244067.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN ABSTRAK Oleh Heri Triyogo 09520244067 Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar, (2) mengetahui pengaruh karakter terhadap hasil belajar, dan (3) mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 1 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian adalah semua Siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Playen sebanyak 78 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 66 orang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan nilai raport. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) lingkungan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan garis regresi Y = 0.166X1 +65,684 dan kontribusi pengaruh sebesar 27,4 persen, (2) karakter berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan garis regresi Y = 0.075X2 +66,333 dan kontribusi pengaruh sebesar 21 persen, (3) lingkungan belajar dan karakter secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan garis regresi Y = 0.124X1 + 0.039X2 + 63,724 dan kontribusi pengaruh sebesar 31,2 persen. Kata kunci : Lingkungan Belajar, Karakter, dan Hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Feb 2016 17:33
Last Modified: 30 Jan 2019 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29442

Actions (login required)

View Item View Item