PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TABEL PERIODIK UNSUR KIMIA BERBASIS MULTIMEDIA

WAHYU ARFIAN, SAPUTRA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TABEL PERIODIK UNSUR KIMIA BERBASIS MULTIMEDIA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Wahyu Arfian S 085244036.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TABEL PERIODIK UNSUR KIMIA BERBASIS MULTIMEDIA Oleh : WAHYU ARFIAN SAPUTRA NIM. 08520244036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif tabel periodik unsur kimia berbasis multimedia serta mengetahui unjuk kerja, mengetahui tingkat kelayakan dan mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran dengan pokok bahasan pengenalan unsur kimia dan tabel periodik unsur kimia ini. Media pembelajaran ini diharapkan mampu memotivasi user (siswa) untuk mempelajari unsur kimia dan tabel periodik unsur kimia serta dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode Research and Development (R & D). Proses pengembangan media pembelajaran ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu: 1) concept (konsep), 2) design (desain), 3) material collecting (pengumpulan bahan), 4) assembly (pembuatan), dan 5) testing (pengujian). Media pembelajaran ini dikembangan dengan menggunakan bantuan software Adobe Flash CS 5.5. Pengambilan data dilaksanakan di SMK N 1 Ponjong, Jl Wonosari-Baran, Bedoyo, Ponjong, Gunung Kidul, Yogyakarta kelas X dengan melibatkan 30 siswa untuk uji coba instrumen dan 96 siswa yang diambil dari 4 kelas untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan angket skala likert, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dengan mengubah data hasil rata-rata penilaian kedalam interval skor kelayakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat validasi pengembangan media pembelajaran interaktif dari validator ahli media sebesar 4,11 pada kategori layak, dan ahli materi mendapat skor 4,21 pada kategori sangat layak, sedangkan menurut tanggapan siswa terhadap penggunaan media di lapangan mendapat skor 4,37 yaitu pada kategori sangat layak. Hasil pengujian secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif tabel periodik unsur kimia berbasis multimedia untuk siswa kelas X layak untuk digunakan. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Kelayakan, Tabel Periodik Unsur Kimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Jan 2016 22:44
Last Modified: 30 Jan 2019 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29439

Actions (login required)

View Item View Item