Hening, Pratiwi (2016) MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MEMBUAT POLA MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE SMALL GROUP WORK BERBANTUAN JOBSHEET DI SMK N 2 TEMANGGUNG. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Hening Pratiwi 0851xxxxxxx.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MEMBUAT POLA MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE SMALL GROUP WORK BERBANTUAN JOBSHEET DI SMK N 2 TEMANGGUNG Oleh : Hening Pratiwi 08513241032 ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan model active learning tipe small group work dengan bantuan jobsheet dalam proses pembelajaran membuat pola bebe anak di SMK N 2 Temanggung, 2) Peningkatan kompetensi membuat pola bebe anak di SMK N 2 Temanggung setelah menerapkan model active learning tipe small group work berbantuan jobsheet. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari “Perencanaan, Tindakan dan Observasi, Refleksi”. Penelitian dilaksanakan di SMK N 2 Temanggung Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI program keahlian Busana Butik. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja dan tes uraian. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert), seperti ahli model pembelajaran,ahli materi dan guru membuat pola. Hasil validasi menunjukkan bahwa model dan media yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas menggunakan antar rater dengan hasil 0,855 untuk penilaian unjuk kerja. Untuk tes uraian, uji reliabilitas menggunakan product moment dengan hasil 0,828 sedangkan untuk lembar observasi menggunakan spss 16 dengan rumus alpha cronbach’s dengan hasil 0,704. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan:1) Pelaksanaan pembelajaran membuat pola bebe anak menggunakan model active learning tipe small group work berbantuan media jobsheet dilaksanakan dengan langkah-langkah : (a) Pendahuluan : salam, presensi,apersepsi.(b)Kegiatan inti : menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan materi, membagi siswa kedalam kelompok kecil, siswa mengerjakan tugas kelompok, siswa mengerjakan tugas individu, guru membimbing dan memberi arahan. (c) Penutup : evaluasi. 2) Peningkatan kompetensi membuat pola ditunjukan dengan pencapaian nilai kompetensi siswa yang memenuhi KKM, yaitu pada pra siklus hanya 45,5% siswa mencapai nilai KKM, kemudian siklus 1 pencapaian kompetensi siswa meningkat 27,22%, sebanyak 72,72% siswa sudah mencapai nilai KKM. Pada siklus kedua meningkat 27,73% dan pencapaian KKM siswa sudah mencapai 100 %. Uraian di atas menunjukkan bahwa model active learning tipe small group work berbantuan jobsheet dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran membuat pola. Kata Kunci : kompetensi,membuat pola bebe anak ,active learning tipe small group work
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
| Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
| Depositing User: | Margiyanti |
| Date Deposited: | 31 Jan 2016 20:13 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 06:23 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
