PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARA

HENDY, PURNOMO (2016) PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Hendy Purnomo 10503247007.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARA Tujuan penelitian ini antara prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode jigsaw dengan prestasi belajar siswa yang diajar juga untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik setelah diajar menggunakan metode jigsaw. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupa penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. SMK N1 Seyegan dengan kelas X TFL1 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode jigsaw sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan metode jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode jigsaw dan prestasi belajar kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan metode jigsaw. Hasil analisis menunjukkan besar pengaruh antara sebesar 7,359 2) terdapat pen menggunakan metode jigsaw. Hal tersebut dilihat dari hasil belajar, persentase sebesar 30,585% sedangkan kelas kontrol mengalami pen 16,587%. Hasil belajar kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode jigsaw mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan metode jigsaw. Kata kunci: metode jigsaw, prestasi bel ABSTRAK PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK N1 SEYEGAN Oleh: HENDY PURNOMO NIM. 10503247007 adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya tanpa menggunakan metode jigsaw. Selain itu merupakan metode Penelitian ini dilakukan di TFL2 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas bahwa: 1) terdapat pengaruh antara prestasi kelas eksperimen dan kelas k peningkatan prestasi belajar siswa setelah diajar prosentase peningkatan ersentase hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan peningkatan sebesar . belajar vi N pengaruh kan kontrol ingkatan ingkatan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 31 Jan 2016 20:06
Last Modified: 30 Jan 2019 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29430

Actions (login required)

View Item View Item