PENGEMBANGAN MAJALAH FISIKA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI BERKARAKTER ISLAMI MELALUI MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP SPIRITUAL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANTUL

Mustikarini, Pudyaswara (2016) PENGEMBANGAN MAJALAH FISIKA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI BERKARAKTER ISLAMI MELALUI MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP SPIRITUAL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan Majalah Fisika Islami yang layak sebagai alternatif sumber belajar mandiri dalam materi fluida dinamis; 2) mengetahui pencapaian pertumbuhan sikap spiritual siswa SMA; dan 3) mengetahui pencapaian pertumbuhan motivasi belajar siswa SMA menggunakan Majalah Fisika Islami. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian pengembangan (developmental research) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Tahap define merupakan tahap awal pengembangan sumber belajar Majalah Fisika Islami berdasarkan kurikulum dan kebutuhan pembelajaran melalui observasi di sekolah subyek. Tahap design adalah tahap perancangan Majalah Fisika Islami dan perancangan intrumen pengumpul data. Pada tahap develope, dilakukan validasi produk oleh validator ahli dan validator praktisi, uji coba 1, revisi uji coba 1, uji coba 2 dan revisi uji coba 2. Uji coba produk dilakukan di SMA Negeri 1 Bantul. Subyek penelitian merupakan siswa kelas XI MIA 5 dan XI MIA 7 SMA Negeri 1 Bantul yang masing-masing kelas terdiri dari 26 siswa. Semua data dalam penelitian ini dijaring menggunakan angket.Jenis data yang dijaring berupa data kualitatif berupa saran/komentar validator dan respon siswa terhadap media, serta data kuantitatif berupa penilaian (skor) dari validator, respon siswa, pencapaian sikap spiritual, dan pencapaian motivasi belajar siswa. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk berupa Majalah Fisika Islami yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar mandiri. Kelayakan diperoleh dari hasil validasi oleh dua validator dengan kategori “sangat baik” untuk semua komponen. Selain hasil validasi, kelayakan juga diperoleh dari respon siswa yang berada pada kategori “baik”. Hasil pencapaian sikap spiritual mencapai skor 4,35 pada uji coba 1 dan 4,57 pada uji coba 2 yang keduanya termasuk dalam kategori “sangat baik”. Pertumbuhan motivasi belajar mencapai skor 3,85 yang termasuk dalam kategori “baik” pada uji coba ke-1 dan 4,27 pada uji coba ke-2 dengan kategori “sangat baik”.Tahap diseminasi dilakukan terbatas di sekolah subyek melalui guru Fisika dan pemberian produk ke perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Majalah Fisika Islami, Fluida Dinamis, Sikap Spiritual, Motivasi Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 03 Feb 2016 18:08
Last Modified: 30 Jan 2019 06:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29427

Actions (login required)

View Item View Item