KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA RANAH KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR MELALUI KEGIATAN LABORATORIUM PADA POKOK BAHASAN HUKUM HOOKE

Wahyuningsih, Leli Sri (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA RANAH KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR MELALUI KEGIATAN LABORATORIUM PADA POKOK BAHASAN HUKUM HOOKE. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dua tujuan berikut. (1)Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif dan psikomotor antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning (PBL) melalui eksperimen dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model direct instructiondan metode eksperimen. (2) Mengetahui keefektifan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotor melalui kegiatan eksperimenpada pokok bahasan hukum Hooke. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Yogyakarta yang terdiri dari6 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Kelas yang digunakan sebagai subjek penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, LKS, soal tes hasil belajar kognitif berupa soal uraian dan lembar observasi psikomotor berupa rating scale. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji MANOVA. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Ada perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif dan psikomotor antara siswa yang mengikuti pembelajaran hukum Hooke dengan model PBL melalui kegiatan eksperimen dan model direct instruction melalui metode. (2) Model PBL melalui kegiatan eksperimen lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotor daripada model pembelajaran direct instruction dan metode eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model PBL, direct instruction, metode eksperimen, hasil belajar kognitif dan psikomotor.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 03 Feb 2016 18:08
Last Modified: 30 Jan 2019 06:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29424

Actions (login required)

View Item View Item