PENGEMBANGAN LKS DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MLATI PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS

Syukur, Asep Abdul (2016) PENGEMBANGAN LKS DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MLATI PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menghasilkan LKS pembelajaran fisika melalui pendekatan brain based learning yang layak untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. 2) mengetahui pencapaian hasil belajar yang dapat difasilitasi dari LKS brain based learning tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D dari Thiagaradjan, Semmel, dan Semmel. Prosedur yang diadaptasi tersebut meliputi empat tahap: (1) tahap pendefinisian (Define) yng terdiri dari analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran, (2) tahap perancangan (Design) yang terdiri dari tahap menyusun kriteria, memilih media, pemilihan bentuk penyajian, dan penyusunan desain awal, (3) tahap pengembangan (Develop) yang terdiri dari validasi ahli dan uji coba pengembangan., dan (4) tahap diseminasi (Disseminate). Kelayakan perangkat pembelajaran dinilai dari penilaian ahli ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan kegrafisan. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi ahli dan penilaian pretest dan posttest serta observasi afektif dan psikomotorik siswa yang dilakukan pada saat uji coba di SMAN 1 Mlati Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran fisika berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis brain based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli, LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata 3,5 dan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan respon siswa terhadap LKS menunjukkan skor 3,341 dengan kategori “Baik”. Hasil pembelajaran juga menunjukkan adanya peningkatan penguasaan materi kinematika gerak lurus dengan nilai gain rata-rata sebesar 0,375 dan kriteria “sedang”. Hasil belajar afektif siswa rata-rata sebesar 84% dengan kriteria “sangat baik”. Dan hasil belajar psikomotorik siswa rata-rata 94% dengan kriteria “sangat baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, lembar kerja siswa, pendekatan brain based learning, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 03 Feb 2016 18:07
Last Modified: 30 Jan 2019 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29423

Actions (login required)

View Item View Item