PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI FISIKA MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X IPA

Nurjanah, Alfiati (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI FISIKA MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X IPA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan program lectora inspire. Produk tersebut digunakan sebagai media pembelajaran mandiri yang dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan. Penelitian ini bertujuan : (1) mengembangkan media pembelajaran menggunakan software lectora inspire untuk mata pelajaran fisika kelas X IPA SMA pada pokok bahasan fluida statis sebagai sumber belajar mandiri; dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan sebagai sumber belajar mandiri. Model penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada tahapan penelitian pengembangan menurut Walter R. Borg dan Merdith Damien Gall yang terdiri dari sepuluh tahap. Pada penelitian ini dibatasi pada tahap pertama sampai keenam. Enam tahap tersebut yaitu tahap research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, dan main field testing. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar penilaian ahli, lembar penilaian guru SMA dan lembar angket respon peserta didik. Teknis analisis data untuk mengetahui kelayakan produk dan angket respon peserta didik menggunakan konversi nilai skala lima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penilaian dari beberapa ahli, produk pengembangan media pembelajaran menggunakan software lectora inspire untuk mata pelajaran fisika SMA kelas X IPA pada pokok bahasan fluida statis sebagai sumber belajar mandiri telah layak digunakan dan termasuk dalam kategori sangat baik, serta peserta didik memberikan respon sangat baik terhadap produk media pembelajaran fisika dengan software lectora inspire sebagai media pembelajaran mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, lectora inspire, pembelajaran fisika, respon peserta didik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 03 Feb 2016 18:04
Last Modified: 30 Jan 2019 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29422

Actions (login required)

View Item View Item