KARAKTERISTIK HASIL SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI RUPA DAN KERAJINAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Amri, Yahya and Kasiyan, . KARAKTERISTIK HASIL SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI RUPA DAN KERAJINAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img] Text
KARAKTERISTIK_HASIL_SKRIPSI_MAHASISWA_JURUSAN_PENDIDIKAN.doc

Download (31kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perihal: 1) perbandingan jumlah skripsi karya mahasiswa antara Program Studi Pendidikan Seni Rupa dan Program Studi Pendidikan Keterampilan Kerajinan FBS UNY~ 2) karakteristik hasil skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Senj Rupa FBS UNY djtinjau dari segi: jenis penelitiannya, metodenya, bidang atau tema kajiannya~3) karakteristik hasil skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Keterampilan Kerajinan FBS UNY ditinjau dari segi:jenis penelitiannya,jenis metodenya,jenis bidang atau tema kajiannya. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Populasinya adalah seluruh karya skripsi karya mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan FBS UNY, sedangkan sampel penelitiannya adalah dipilih dan ditentukan karya skripsi periode tahun 1980-2001.Pertimbangan pemilihan sampel tersebut adalah: karya dalam periode waktu dua dasa warsa terakhir, diharapkan menggambarkan pola kecenderungan atau tren karya skripsi mahasiswa yang ada, dan disamping itu jumlah karya skripsi yang ada dalam rentang waktu tersebut tidak terlalu banyak, sehingga masih tetjangkau untuk diteliti secara keseluruhan. Instrumen dalam penelitian ini adalah "pedoman dokumentasi". Sedangkanteknik analisis datanya dengan menggunakan teknik "deskriptif-analitis". Hasil dari penelitian ini dapat dideskripsikan sebagai berikut. 1) Perbandingan jumlah skripsi karya mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan FBS UNY yakni: dari Program Studi Pendidikan Seni Rupa sebanyak 77,6%, sedangkan pada Program Studi Pendidikan Keterampilan Kerajinan sebanyak 22,4. 2) Karakteristik skripsi karya mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS UNY ditinjau dari segi jenis penelitiannya yakni: untuk penelitian kancah/lapangan sebanyak 94,4%, penelitian kajian pustaka sebanyak 5,%, sedangkan untuk penelitian hasil ketja pengembangan 0%; dar.i segi jenis metodenya yakni: untuk jenis penelitian kuantitatif sebanyak 22,4%, sedangkan untuk jenis penelitian kualitatif yakni sebanyak 77,6%~dari segi bidang/tema kajiannya yakni: untuk jenis penelitian kependidikan sebanyak 30,4%, dan penelitian non kependidikan sebanyak 69,6%~ 3) Karakteristik skripsi karya mahasiswa Program Studi Pendidikan Keterampilan Kerajinan FBS UNY ditinjau dari segi jenis penelitiannya, yakni: jenis penelitian kancah atau lapangan sebanyak 97,2%, penelitian kajian pustaka sebanyak 0%, sedangkan penelitian hasil ketja pengembangan sebanyak 2,88; dari segi jenis metodenya, yakni: jenis penelitian kualitatif sebanyak 5,6%, dan untuk penelitian kualitatif sebanyak 94,4%~ dari segi jenis bidang/tema kajiannya, yakni: untukjenis penelitian kependidikan sebanyak 8,3%, dan penelitian non kependidikan sebanyak 91,7%. Kata-kata kunci: karakteristik, skripsi, mahasiswa, Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 06 Aug 2012 07:07
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item