Romadlona Komarudin, Romadlona (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK KECIL (BUZZ-GROUP)PADA SISWA SMA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Romadlona Komarudin_11104244024.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan keterampilan kepemimpinan siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Pakem dengan menggunakan buzz-group. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Pakem. Kegiatan buzz-group dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Kegiatan yang dilakukan adalah menyelesaikan masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala keterampilan kepemimpinan, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah apabila 24 (75%) siswa memiliki keterampilan kepemimpinan sedang atau diatas 112,5 pada seluruh aspek keterampilan kepemimpinan. Prosedur pelaksanaannya yaitu: (1) Pemilihan pemimpin diskusi, (2) Pembentukan kelompok kecil, (3) Pemilihan ketua kelompok kecil dan sekretaris kelompok, (4) Pembahasan permasalahan disetiap kelompok kecil, (5) Pembahasan di kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata skala keterampilan kepemimpinan siswa pada Pratindakan sebesar 100, dan setelah tindakan meningkat menjadi 126,5. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih berminat menjadi pemimpin, bersosialisasi dengan orang lain, kemampuan untuk mengarahkan, memiliki kepercayaan, berfikir strategis, dan kestabilan emosi setelah mengikuti tindakan. Kata kunci: keterampilan kepemimpinan, buzz-group, siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 31 Jan 2016 19:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29417 |
Actions (login required)
View Item |