Pengembangan Model Latihan Untuk Meningkatkan Hasil Keterampilan Teknik Bawah Pencak Silat Pada Atlet Kategori Tanding Remaja

Listiana, Silvia (2016) Pengembangan Model Latihan Untuk Meningkatkan Hasil Keterampilan Teknik Bawah Pencak Silat Pada Atlet Kategori Tanding Remaja. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-silvia listiana-13711251043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan model latihan guna meningkatkan hasil keterampilan teknik bawah pencak silat pada atlet kategori tanding remaja, dan (2) mengetahui efektivitas model latihan keterampilan teknik bawah pencak silat untuk atlet kategori tanding remaja. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono menjadi dua tahap, yaitu tahap pra-pengembangan dan tahap pengembangan. Subjek uji coba skala kecil terdiri dari 10 atlet kategori tanding remaja yang berasal dari SMAN 1 Sewon Bantul dan atlet PAB DIY Yogyakarta. Uji coba skala besar terdiri dari 20 atlet kategori tanding remaja yang berasal dari siswa ekstrakurikuler SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta dan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Uji efektivitas dilakukan kepada 30 atlet kategori tanding remaja berasal dari atlet ekstrakurikuler SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta dan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang dianalisis dengan penelitian pra-eksperimen one group pretest-posttest design. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner, lembar skala penilaian, lembar observasi, lembar keefektifan, tes hasil keterampilan dan angket respon atlet dan pelatih. Teknik analisis data menggunakan penilaian acuan patokan (PAP) dan uji-t untuk sampel berpasangan dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model latihan keterampilan teknik bawah pencak silat untuk atlet kategori tanding remaja menurut ahli materi, ahli kondisi fisik, ahli evaluasi, ahli media dan pelatih termasuk dalam kategori “sangat baik” serta penerapan model latihan secara umum berkategori “sangat baik”. Terdapat perbedaan hasil uji keefektifan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model latihan keterampilan teknik bawah pencak silat dengan p<0,05. Produk penelitian yang dihasilkan berupa buku panduan dan DVD model latihan keterampilan teknik bawah pencak silat untuk atlet kategori tanding remaja yang berisikan enam model, yaitu: (1) model latihan fisik untuk sapuan rebah, (2) model latihan fisik untuk sirkel bawah, (3) model latihan fisik untuk guntingan bawah, (4) model latihan teknik untuk sapuan rebah, (5) model latihan teknik untuk sirkel bawah, dan (6) model latihan teknik untuk guntingan bawah. Dari hasil penilaian para ahli dan uji keefektifan, dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan layak dan efektif digunakan sebagai model latihan keterampilan teknik bawah pencak silat untuk atlet kategori tanding remaja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Latihan, Keterampilan Teknik Bawah Pencak Silat, Kategori Tanding Remaja
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2016 18:03
Last Modified: 17 Jan 2022 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29411

Actions (login required)

View Item View Item