TINGKAT PENERIMAAN SOSIAL TERHADAP KEBERADAAN SISWA DIFABEL DI MAN MAGUWOHARJO

Fenny Brilian Arsanti, Fenny (2016) TINGKAT PENERIMAAN SOSIAL TERHADAP KEBERADAAN SISWA DIFABEL DI MAN MAGUWOHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fenny Brilian Arsanti_11104244041_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) tingkat penerimaan sosial terhadap keberadaan siswa difabel, dan (2) variasi penerimaan sosial terhadap siswa difabel di MAN Maguwoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan jenis penelitian survey. Data tentang penerimaan sosial dikumpulkan dengan menggunakan angket terbuka. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X dan XI MAN Maguwoharjo yang berjumlah70 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan expert judgement dan uji validitas item menggunakan teknik indeks daya beda item dengan batas minimal sebesar 0,25. Reliabilitas instrumen diukur dengan alpha cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,909. Teknik analisis data kualitatif menggunakan pengkategorian dengan empat kategori yaitu sangat tinggi, tinggi, rendah, dan sangat rendah. Teknik analisis data kualitatif menggunakan langkah interactive model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 7,1% siswa MAN Maguwoharjo terkategori tingkat penerimaan sosial sangat tinggi, 35,7% siswa MAN Maguwoharjo terkategori tingkat penerimaan sosial tinggi, 45,7% siswa MAN Maguwoharjo terkategori tingkat penerimaan sosial rendah, dan 7,1% siswa MAN Maguwoharjo terkategori tingkat penerimaan sosial sangat rendah. Dari data kualitatif disimpulkan bahwa pada umumnya siswa MAN Maguwoharjo tidak menerima apabila siswa difabel memiliki perilaku, sikap, atau kepribadian yang negatif, tetapi menerima ketunaan fisik siswa difabel. Kata kunci: tingkat penerimaan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 31 Jan 2016 18:32
Last Modified: 30 Jan 2019 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29402

Actions (login required)

View Item View Item