PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Widyhastuti, Esti (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Esti Widyhastuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang layak untuk pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan menurut Borg & Gall yang dimodifikasi berdasarkan penjelasan Anik Ghufron. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap utama, yaitu pendahuluan, pengembangan produk, dan uji coba lapangan. Tahap pendahuluan meliputi kegiatan studi pustaka dan studi lapangan. Tahap pengembangan produk meliputi perencanaan, pengembangan produk awal, serta validasi oleh ahli materi dan ahli media. Tahap uji coba lapangan terdiri dari uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, dan uji coba lapangan operasional. Subjek uji coba adalah siswa kelas V D SD Negeri Jarakan tahun ajaran 2015/2016. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang ditujukan kepada ahli materi, ahli media, dan subjek uji coba. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif unggah-ungguh bahasa Jawa untuk kelas V SD telah selesai dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan menurut Borg & Gall yang dimodifikasi berdasarkan penjelasan Anik Ghufron. Multimedia interaktif yang dihasilkan telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa di kelas V Sekolah Dasar. Pada tahap validasi ahli materi, multimedia interaktif memperoleh hasil penilaian sebesar 4,74 (kategori sangat baik) dan pada tahap validasi ahli media memperoleh penilaian sebesar 3,67 (kategori baik). Hasil yang diperoleh pada saat uji coba lapangan awal sebesar 4,40 (kategori sangat baik), uji coba lapangan utama sebesar 4,54 (kategori sangat baik), dan uji coba lapangan operasional sebesar 4,57 (kategori sangat baik). Kata kunci: multimedia interaktif, unggah-ungguh, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2016 17:14
Last Modified: 30 Jan 2019 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29400

Actions (login required)

View Item View Item