PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BALANGAN 1

Safitri, Dyah (2016) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BALANGAN 1. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dyah Safitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan temuan di lapangan yaitu minat dan hasil belajar IPA siswa rendah, serta metode pembelajaran yang digunkan guru kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA melalui metode mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri Balangan 1, Minggir Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Balangan 1 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, skala minat, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan metode mind mapping, lembar skala minat untuk mengukur minat belajar siswa, serta soal tes pilihan ganda dan uraian untuk mengukur hasil belajar IPA. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Balangan 1. Peningkatan minat dan hasil belajar IPA dengan metode mind mapping dilaksanakan dengan cara: penyampaian materi dan diskusi klasikal, penugasan, menentukan kata kunci, melakukan brainstorming, menentukan semua aspek dari materi, pembuatan mind map yang didampingi guru, dan refleksi pembelajaran yang melibatkan siswa di akhir kegiatan. Jumlah siswa yang mendapat skor minat dengan kategori baik pada pra siklus adalah 10%, siklus I 55%, dan siklus II 87%. Selanjutnya, nilai rata-rata siswa meningkat dari 60 pada pra siklus, 68 pada siklus I menjadi 75 pada siklus II. Sedangkan siswa yang memperoleh hasil belajar memenuhi KKM pada pra siklus adalah 13%, siklus I 48%, dan siklus II 84%. Kata kunci: minat belajar, hasil belajar IPA, mind mapping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jan 2016 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29396

Actions (login required)

View Item View Item