PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOMUNIKASI DAN KERJASAMA DALAM TIM BAGI SISWA KELAS X BOGA DI SMK NEGERI 2 GODEAN

HARTINI, HARTINI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOMUNIKASI DAN KERJASAMA DALAM TIM BAGI SISWA KELAS X BOGA DI SMK NEGERI 2 GODEAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
HARTINI - 08511247005.pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOMUNIKASI DAN KERJASAMA DALAM TIM BAGI SISWA KELAS X BOGA DI SMK NEGERI 2 GODEAN ABSTRAK Oleh: HARTINI 08511247005 Penelitian ini bertujuan untuk: Meningkatkan kompetensi komunikasi dan kerjasama siswa kelas X Jasa Boga dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together di SMK Negeri 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X Jasa Boga 2 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada mata diklat Melakukan Komunikasi dalam Pelayanan Jasa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data penelitian kemudian di analisis secara deskriptif kualitatif. Validitas instrumen dilakukan dengan cara uji validitas dengan para ahli (Expert Judgment). Hasil penelitian menunjukan bahwa, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together untuk meningkatkan Kompetensi komunikasi dan kerjasama dalam tim bagi siswa kelas X Boga di SMK Negeri 2 Godean, menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Pada akhir siklus 1 nilai rata-rata tugas kelompok siswa hanya 6,25. Pada akhir siklus II nilai rata-rata tugas kelompok siswa meningkat menjadi 7,50. Sehingga prestasi belajar siswa telah melebihi nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu lebih dari 7,00.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Jan 2016 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 06:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29390

Actions (login required)

View Item View Item