PENGARUH CELEBRITY WORSHIP TERHADAP IDENTITAS DIRI REMAJA USIA SMA DI KOTA YOGYAKARTA

Sunarni, Sunarni (2016) PENGARUH CELEBRITY WORSHIP TERHADAP IDENTITAS DIRI REMAJA USIA SMA DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Sunarni_11104241035 (Skripsi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan fenomena celebrity worship pada remaja usia SMA di Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity worship terhadap identitas diri pada remaja usia SMA di Kota Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif sebab-akibat. Sampel yang diambil sebanyak 164 siswa yang berasal dari tiga sekolah menegah atas di Kota Yogyakarta.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan multistage area random sampling. Instrumen yang digunakan ialah skala celebrity worship dan skala identitas diri. Uji regresi linear sederhana digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh celebrity worship terhadap identitas diri. Uji regresi linear sederhana dilakukan setelah uji korelasi menggunakan korelasis product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan 1) karakteristik celebrity worship remaja usia SMA di Kota Yogyakarta mayoritas pada kategori hiburan sosial sejumlah 86 orang (52,44%), kategori perasaan pribadi yang intens sejumlah 43 orang (26,22%), kategori patologis sejumlah 19 orang (11,59%), hiburan sosial dan perasaan pribadi yang intens sejumlah 8 orang (4,88%), perasaan pribadi intens dan patologis sejumlah 4 orang (2,44%), berada pada tiga kategori sejumlah 2 orang(1,22%) dan tidak memiliki celebrity worship sejumlah 2 orang (1,22%). 2) Karakteristik identitas diri remaja usia SMA di Kota Yogyakarta mayoritas kecenderungan pada kategori proses identitas diri model informasi sejumlah 118 orang(71,95%), norma sejumlah 31 orang (18,90%), penolakan sejumlah 6 orang (3,66%), informasi dan norma sejumlah 6 orang (3,66%) serta informasi dan penolakan sejumlah 3 orang (1,88%). 3) Hanya terdapat hubungan antara celebrity worship: hiburan sosial dan proses identitas diri model norma. Nilai signifikansi keduanya adalah 0,019 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,019<0,05). 4) Hanya terdapat pengaruh pada celebrity worship: hiburan sosial terhadap proses identitas diri model norma pada remaja usia SMA di Kota Yogyakarta. Sumbangan celebrity worship: hiburan sosial terhadap proses identitas diri norma sebesar 3,3%. Persamaan regresi keduanya adalah Y=32,218 + 0,046X. Kata Kunci : celebrity worship, identitas diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Jan 2016 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 06:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29388

Actions (login required)

View Item View Item