PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN GESTALT BAGI GURU BK SMP NEGERI KOTA YOGYAKARTA

Ummi Aiman, Ummi (2016) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN GESTALT BAGI GURU BK SMP NEGERI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ummi Aiman_11104241013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan pelaksanaan konseling kelompok dengan pendekatan Gestalt bagi guru BK SMP Negeri Kota Yogyakarta yang berguna dan memenuhi standar kelayakan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui 9 tahap, yaitu: tahap penelitian awal dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, validasi ahli, dua tahap uji coba, dan tiga tahap revisi. Produk yang dikembangkan berupa buku panduan yang terdiri dari materi yaitu konseling kelompok, biografi tokoh Gestalt, hakikat manusia, prinsip-prinsip Gestalt, konsep kunci kepribadian, tujuan konseling Gestalt, konselor gestalt, konseli gestalt, teknik konseling, proses konseling kelompok, glosarium dan format formulir dan laporan konseling kelompok. Validasi ahli meliputi 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Uji coba lapangan utama dilakukan kepada 5 orang guru BK sedangkan uji coba lapangan operasional dilakukan kepada 23 orang guru BK. Subyek penelitian ini adalah guru BK SMP Negeri Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa buku panduan pelaksanaan konseling kelompok dengan pendekatan Gestal dapat dikategorikan layak digunakan oleh Guru BK sebagai informasi dan pengetahuan proses konseling kelompok dengan pendekatan gestalt. Penilaian kelayakan buku panduan berdasarkan validasi materi dapat dikategorikan “baik” dengan presentase 77%, sedangkan penilaian menurut ahli media dapat dikategorikan “baik” dengan presentase 79,16%. Kemudian penilaian kualitas produk hasil uji coba terbatas yang dilakukan oleh 5 orang Guru BK dapat dikategorikan “baik” dengan presentase 100% dan yang terakhir hasil penilaian berdasarkan uji coba produk akhir yang dilakukan oleh 23 orang Guru BK dapat dikategorikan “baik” dengan presentase 98,80%. Kata Kunci: buku panduan, konseling kelompok dengan pendekatan Gestalt, guru BK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:36
Last Modified: 30 Jan 2019 06:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29379

Actions (login required)

View Item View Item