IMPLEMENTASI METODE DISKUSI TEMAN SEJAWAT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH

Syaiful, Rochmanudin (2016) IMPLEMENTASI METODE DISKUSI TEMAN SEJAWAT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Syaiful R 09504244010.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI METODE DISKUSI TEMAN SEJAWAT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH Oleh: Syaiful Rochmanudin Nim. 09504244010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi teman sejawat dan peningkatan keaktifan belajar siswa sesudah metode diskusi teman sejawat diimplementasikan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X OA pada mata pelajaran sistem kelistrikan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) model spiral Kemmis dan Mc Taggart dilaksanakan dalam 4 siklus, dari bulan September sampai Oktober 2014. Langkah-langkah mengimplementasikan metode diskusi teman sejawat yaitu membuat kelompok diskusi dengan model buzz group, perkelompok diberikan masalah untuk dipecahkan bersama. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi yang mencakup indikator keaktifan dan digunakan untuk seluruh siswa. Peningkatan keaktifan diukur dari skor keaktifan siklus sesudah dikurangi skor siklus sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan metode diskusi teman sejawat, skor keaktifan belajar mengalami peningkatan belajar disetiap siklusnya, dari siklus I sampai IV sebagai berikut 166; 272; 276; dan 279. Setelah siklus yang ke IV tidak terlihat adanya peningkatan yang signifikan. Kata kunci: keaktifan belajar, kualitas belajar, metode pembelajaran diskusi teman sejawat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Jan 2016 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 06:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29373

Actions (login required)

View Item View Item