PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN FLANEL TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN CELANA PANJANG PRIA DI SMK N 2 GODEAN

Hanifah, Isnaini (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN FLANEL TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN CELANA PANJANG PRIA DI SMK N 2 GODEAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Hanifah Isnaini 1151324003.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN FLANEL TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN CELANA PANJANG PRIA DI SMK N 2 GODEAN Oleh: Hanifah Isnaini 11513242003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat pencapaian kompetensi pembuatan celana panjang pria di SMK N 2 GODEAN, (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran papan flanel terhadap pencapaian kompetensi pembuatan celana panjang pria di SMK N 2 GODEAN. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI busana SMK N 2 GODEAN sebanyak 96 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling diperoleh sampel sebanyak 64 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitiannya tes hasil belajar aspek kognitif, aspek psikomotor dan aspek afektif. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji t (t-test) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian kompetensi pembuatan celana panjang pria pada kelas non intervensi kategori tuntas sebanyak 25 peserta didik (78,2%) dan pada kelas intervensi kategori tuntas sebanyak 32 peserta didik (100%) dilihat dari segi nilainya pada kelas intervensi nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 88 sedangkan pada kelas non intervensi nilai tertinggi 91 dan nilai terendah 70. (2) terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran papan flanel untuk pencapaian kompetensi pembuatan celana panjang antara kelas intervensi dan kelas non intervensi di SMK N 2 GODEAN, hal ini ditunjukkan pada hasil mean yaitu kelas intervensi sebesar 93,09 sedangkan mean kelas non intervensi sebesar 87,62. Kemudian dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t (t-test) diperoleh t hitung 13,532 > t tabel 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran papan flanel terbukti berpengaruh terhadap pencapaian pembuatan celana panjang pria pada kelas XI di SMK N 2 GODEAN. Kata kunci: media pembelajaran papan flanel, model pembelajaran langsung dan pencapaian kompetensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 28 Jan 2016 03:05
Last Modified: 30 Jan 2019 06:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29360

Actions (login required)

View Item View Item