UJI KELAYAKAN MODUL PEMBELAJARAN ADOBE PHOTOSHOP CS4 SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA KELAS X

Handika, Asep Kurniawan (2016) UJI KELAYAKAN MODUL PEMBELAJARAN ADOBE PHOTOSHOP CS4 SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA KELAS X. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Handika Asep Kurniawan 09520244032.pdf

Download (148MB) | Preview

Abstract

UJI KELAYAKAN MODUL PEMBELAJARAN ADOBE PHOTOSHOP CS4 SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA KELAS X Oleh: Handika Asep Kurniawan NIM. 09520244032 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Adobe Photoshop CS4 dan mengetahui seberapa layak modul pembelajaran tersebut untuk SMK kompetensi keahlian multimedia kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah 3 ahli media, 3 ahli materi, serta siswa kelas X SMK Negeri 2 Yogyakarta, SMK Negeri 3 Yogyakarta, dan SMK Negeri 7 Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima langkah, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Dalam penelitian pengembangan ini digunakan instrumen berupa angket atau kuesioner untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tahap pengembangan modul Adobe Photoshop CS4 sesuai dengan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan pokok yang dilakukan dalam pengembangan modul pembelajaran Adobe Photoshop CS4 ini yaitu: (1) Analisis (Analysis), (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), (5) Evaluasi (Evaluation). 2) Berdasarkan penilaian ahli materi, kelayakan modul pembelajaran yang meliputi aspek kelengkapan isi, kebahasaan, sajian, dan kegrafisan dicapai dengan presentase 86,34% (sangat layak). Berdasarkan penilaian ahli materi, kelayakan modul pembelajaran yang meliputi aspek tampilan desain modul, kemudahan penggunaan, konsistensi, format, kemanfaatan, dan kegrafisan dicapai dengan presentase 84,52% (sangat layak). Berdasarakan uji coba modul yang dilakukan terhadap 3 sekolah yaitu SMK Negeri 2 Yogyakarta, SMK Negeri 3 Yogyakarta dan SMK Negeri 7 Yogyakarta yang melibatkan 107 siswa, diperoleh nilai rata-rata 147,52 dengan presentase 84,30% (sangat layak). Kata Kunci : Uji Kelayakan, Modul, Adobe Photoshop CS4, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 28 Jan 2016 02:38
Last Modified: 30 Jan 2019 06:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29356

Actions (login required)

View Item View Item