KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V DI KABUPATEN BANTUL DAN SLEMAN BERDASARKAN LOKASI SEKOLAH

Triastuti, Rumekar (2015) KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V DI KABUPATEN BANTUL DAN SLEMAN BERDASARKAN LOKASI SEKOLAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rumekar Triastuti.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa sekolah dasar kelas IV dan V di Kabupaten Bantul dan Sleman berdasarkan lokasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV dan V di Kabupaten Bantul dan Sleman. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu 700 siswa kelas IV dan 689 siswa kelas V yang berasal dari 24 sekolah dasar yang tersebar di UPTD Bantul, UPTD Piyungan, UPTD Sleman, dan UPTD Kalasan. Variabel dalam penelitian ini yaitukreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa sekolah dasar dan lokasi sekolah dengan kategori sekolah yang berada di Kabupaten Bantul dan kategori sekolah yang berada di Kabupaten Sleman. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes. Validitas tes menunjukkan seluruh item fit/sesuai dengan model kredit parsial. Reliabilitas tes menggunakan program Quest. Hasil analisis menggunakan statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kreativitas keterampilan proses sains siswa kelas IV di UPTD Sleman (27,69), UPTD Kalasan (37,53), UPTD Piyungan (31,57), dan UPTD Bantul (35,08). Skor rata-ratakreativitas keterampilan proses sains siswa kelas V di UPTD Sleman (41,30), UPTD Kalasan (42,15), UPTD Piyungan (40,01), dan UPTD Bantul (42,64). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kreativitasketerampilan proses sainsaspekkehidupanpada siswa sekolah dasar kelas IV dan V di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman, serta rata-rata KKPSAK siswa sekolah dasar kelas IV dan V di dua kabupaten tersebut masih tergolong rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, keterampilan proses sains, lokasi sekolah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 28 Jan 2016 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 06:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29352

Actions (login required)

View Item View Item